Prediksi PBB; India Bakal Segera jadi Negara dengan Total Populasi Tertinggi di Dunia

NEW YORK, - India diproyeksikan akan menggeser posisi China sebagai negara berpenduduk terpadat di dunia pada 2023. Hal itu disampaikan oleh PBB pada Hari Kependudukan Dunia yang jatuh pada Senin (11/7).

Dalam laporan yang berjudul Prospek Populasi Dunia 2022, yang disiapkan oleh Departemen Urusan Ekonomi dan Sosial PBB, Divisi Populasi, PBB mengatakan bahwa populasi India sampai saat ini mencapai 1,412 miliar, sementara total populasi China mencapai 1,426 miliar.

"India, yang akan melampaui China sebagai negara berpenduduk terpadat di dunia pada tahun 2023, diproyeksikan memiliki populasi 1,668 miliar pada tahun 2050, jauh di depan China yang berjumlah 1,317 miliar orang pada pertengahan abad ini," kata Indian News Agency Press Trust, mengutip dari laporan PBB tersebut.

Pada tahun 2030, diproyeksikan total populasi dunia mencapai sekitar 8,5 miliar dan kemudian mencapai 9,7 miliar pada tahun 2050. Negara-negara yang berkontribusi paling besar terhadap angka tersebut adalah India, Filipina, Pakistan, dan beberapa negara Afrika seperti Republik Demokratik Kongo (DRC), Mesir, Etiopia, Nigeria, dan Tanzania.

"Hari Populasi Dunia tahun ini jatuh pada tahun tonggak sejarah, ketika kita mengantisipasi kelahiran delapan miliar penduduk bumi. Ini adalah kesempatan untuk merayakan keragaman kita, mengakui kemanusiaan kita bersama, dan mengagumi kemajuan dalam kesehatan yang telah memperpanjang rentang hidup dan secara dramatis mengurangi angka kematian ibu dan anak," kata Sekretaris Jenderal PBB António Guterres.



sumber: www.jitunews.com